Kategori
Jasa Olah Data Jasa Skripsi Tesis Disertasi Konsultasi Susun Skripsi

7 Hal Penting Tentang ArcGIS Pro yang Perlu Kamu Tahu

Bagi yang berkecimpung di bidang yang berhubungan dengan spasial, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya ArcGIS Pro. Program ini sering dimanfaatkan dalam pembuatan peta. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai apa saja yang perlu diketahui mengenai program pemetaan ini berikut:

1. Program ArcGIS versi Desktop

Khusus untuk versi Pro ini, hanya bisa digunakan di desktop. Artinya, harus diinstal di laptop atau komputer agar bisa digunakan. Sesuai namanya, versi ArcGIS yang satu ini benar-benar ditujukan untuk penggunaan profesional.

2. Program Pemetaan dan Proyeksi Citra

Jelas sudah bisa ditebak, bahwa GIS Pro ini merupakan sebuah program pemetaan. Namun, bukan hanya sekedar ‘peta’ saja, melainkan peta yang memiliki informasi dan telah melalui proses analisis. Tak jarang, produk peta yang dihasilkan dilengkapi dengan keterangan gambar, table, atau lainnya.

3. Visualisasi 2D dan 3D

Yang menarik, output yang dihasilkan dari GIS Pro ini tak hanya satu jenis saja. Peta yang dibuat dengan GIS Pro bisa berbentuk 2D maupun 3D. Dengan begitu, akan memudahkan dalam menampilkan pola serta tren yang terjadi pada wilayah studi. Produk peta yang dihasilkan pun bisa dengan mudah dibagikan, baik melalui platform online maupun aplikasi via ponsel.

4. Terintegrasi dengan ArcGIS Online dan ArcGIS Enterprise via Website GIS

Jika sudah mendengar tentang ArcGIS, pasti tahu ada versi website untuk program ini, namanya ArcGIS Online dan ArcGIS Enterprise. ArcGIS versi Pro ini bisa diintegrasikan dengan kedua program tersebut untuk data sharing.

5. Bisa Menggabungkan Berbagai Bentuk Data

Bisa dibilang GIS Pro ini merupakan aplikasi terbaik di bidangnya. Alasannya karena program ini mampu menggabungkan beragam jenis data dan mengolahnya menjadi satu informasi yang menyeluruh. Program ini bisa memproses berbagai format dan sumber data yang sudah menjadi standar bagi perusahaan-perusahaan besar maupun yang sudah umum digunakan.

6. Tergolong sebagai AI

Melihat kemampuan luar biasa dari GIS Pro, tidak mengherankan jika mengatakan bahwa program ini adalah sebuah AI atau artificial intelligence. Kecerdasan yang dimiliki oleh GIS Pro ini merupakan gabungan antara data IdC, data lokasi GIS, serta algoritma untuk pemecahan masalah maupun pembuatan pola.

7. Standar Sistem dan Perangkat Komputer yang Dibutuhkan

Untuk bisa menginstal GIS Pro (versi 2.4), minimal sistem operasi yang digunakan memiliki kemampuan 64 bits. Sementara itu, untuk standar perangkat komputernya, minimal memiliki kemampuan CPU 2 cores. Dengan platform x64 disertai ekstensi SSE2 dan RAM 4 GB.

Selain itu, display properties harus 24-bit color depth dengan resolusi layar mencapai minimal 1024×768 pada penggunaan normal. Ditambah lagi, harus tersedia minimal 32 GB space kosong pada drive untuk bisa mengoperasikannya.

Salah satu yang sering menjadi kendala dalam penggunaan ArcGIS Pro adalah kapasitas komputer yang tidak memadai. Oleh karena itu, meminta bantuan pada Patra Statistika bisa menjadi solusi pemecahan yang terbaik. Patra Statistika menerima pengolahan data dengan menggunakan program pemetaan ini dan prosesnya akan terus dilaporkan perkembangannya hingga pekerjaan selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *