Kategori
Jasa Olah Data Konsultasi Susun Skripsi

Mengenal AMOS Beserta Fungsinya

Mengenal AMOS Beserta Fungsinya – Dalam setiap penelitian, ada beberapa metode yang sering digunakan untuk memaksimalkan hasil penelitian yang sedang dilakukan. Beberapa metode bahkan seringkali dikombinasikan untuk mendapatkan hasil penelitian yang dibutuhkan.

Penelitian maupun penghitungan dan pengolahan data memang membutuhkan metode yang tepat untuk menghasilkan data yang dibutuhkan. Dalam dunia pengolahan data, ada salah satu program yang cukup sering digunakan yaitu metode AMOS (Analysis of Moment Structures).

Program analysis of moment structures merupakan metode dalam program analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan basis kovarian yang sangat dikenal luas. Program atau metode analysis of moment structures ini merupakan aplikasi software komputasi statistik yang berdiri sendiri dan dioperasikan secara mandiri. Namun saat ini aplikasi dengan program ini kemudian diambil alih oleh SPSS sehingga saat ini program ini mengikuti setiap perkembangan pada aplikasi SPSS.

Program analis SEM sendiri dinilai memiliki pendekatan yang cukup rumit sehingga cukup jarang digunakan. Namun dengan menggunakan program analysis of moment structures ini, pendekatan SEM dinilai lebih mudah dilakukan. Adapun beberapa langkah melakukan penelitian dengan pendekatan SEM dan dibantu metode ini diantaranya :

  1. Menyiapkan data dalam bentuk Microsoft excel atau SPSS
  2. Gunakan program AMOS graphics untuk mengolah data
  3. Pastikan program yang digunakan telah terhubung dengan aplikasi SPSS
  4. Gambar model sesuai dengan data yang ada
  5. Pilih keluaran analysis yang dibutuhkan
  6. Lakukan proses analisis lalu tunggu hingga aplikasi menampilkan gambar hasil analisis
  7. Tampilkan hasil analisis dalam bentuk tabel untuk disajikan dalam laporan yang dibutuhkan

Proses diatas pada dasarnya cukup mudah, namun tentu Anda harus memahami terlebih dahulu cara menggunakan program dan aplikasi SPSS agar lebih memahami cara penyelesaian analisis menggunakan metode SEM ini. Penggunaan program analysis of moment structures yang digunakan dalam metode SEM ini banyak dilakukan karena metode SEM dinilai memiliki prosedur yang kompleks dengan variabel yang cukup banyak.

Analisis data dengan menggunakan AMOS juga bukan hanya digunakan dalam metode analisis SEM saja, namun juga sering digunakan pada metode analisis lain seperti analisis regresi, analisis jalur, dan analisis multigroup. Program analysis of moment structures ini biasa digunakan pada data penelitian dengan jumlah sample yang cukup banyak ( di atas 100 sample), namun tetap berhasil menyajikan data yang lengkap. Inilah alasan mengapa banyak yang menggunakan program analisis ini.

Namun program analisis ini tetap menerapkan aturan yang ketat dalam proses analisanya seperti keharusan sample data memenuhi asumsi normalitas dan kriteria goddness of fit model. Jika data penelitian yang akan digunakan tidak bisa memenuhi syarat ini, maka program analisis ini juga akan kesulitan menyajikan data yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan hasil penelitian dan pengolahan data yang akurat, menggunakan program AMOS bisa menjadi alternatif utama saat Anda menggunakan metode SEM. Metode dan program analisis yang tepat akan mempermudah Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *