Kategori
Jasa Olah Data Peta Digital Arcgis Arcview

Manfaat ArcGis Penggunaan yang Wajib Diketahui

Manfaat Penggunaan ArcGis yang Wajib Diketahui – Penggunaan perangkat lunak pada berbagai bidang tentu menjadi hal yang normal. Penggunaan perangkat lunak ini biasanya bertujuan untuk mempermudah proses penarikan dan penyajian data akhir dari bidang tersebut.

Salah satu bidang yang menggunakan perangkat lunak dalam pengoperasiannya adalah bidang pemetaan. Ada beberapa aplikasi atau perangkat lunak yang sering digunakan dalam bidang ini, namun salah satu perangkat lunak yang cukup tenar di bidang ini adalah ArcGis. Perangkat lunak yang satu ini merupakan software yang dikembangkan oleh ESRI (Environtment Science & Research Institute) berbasis GIS (Gerographic Information System). Software ini pada dasarnya merupakan kompilasi atau pergabungan dari beberapa software berbasis GIS lainnya seperti GIS desktop, GIS server, dan GIS web. Software berbasis GIS untuk Jasa Buat Peta Digital.

Software yang satu ini dinilai sebagai software yang sangat membantu di bidang spasial karena memiliki berbagai manfaat serta berbagai fitur yang cukup canggih. Adapun beberapa manfaat dasar yang dimiliki oleh software ArcGis diantaranya :

  1. Menyajikan data geographic information system yang relevan
  2. Mempermudah pembuatan dan pengeditan peta tematik
  3. Mempermudah proses analisis spasial
  4. Menyajikan visualisasi peta yang berkualitas
  5. Sebagai media sharing data peta yang tepat

Manfaat-manfaat yang dimiliki oleh software yang satu ini dinilai sangat membantu berbagai kalangan yang membutuhkan data di bidang spasial. Dengan berbagai manfaat yang sangat dibutuhkan di dunia spasial, maka tentu penggunaan dari software ini juga tidak akan semudah yang dikira.

Software ArcGis dikenal memiliki berbagai fitur andalan dengan cara penggunaan yang cukup rumit dan memakan waktu, sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa mengoperasikan software ini. Perlu waktu beberapa lama bagi seseorang untuk menguasai software ini agar bisa menggunakannya dalam dunia spasial.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh software ini juga cukup canggih sehingga berbagai kebutuhan di dunia spasial bisa terpenuhi dengan satu software saja. Adapun beberapa fitur yang dimiliki oleh software ini diantaranya :

  1. ArcMap : Fitur untuk membuat, mengedit, dan mengelola data hingga menganalisa data untuk diubah menjadi output data berupa peta
  2. ArcGlobe : Fitur berbentuk tampilan Google Earth untuk menampilkan datum permukaan bumi menggunakan citra satelit
  3. ArcCatalog : Fitur yang bisa membuat dan mengelompokan data vector
  4. ArcScene : Fitur seperti ArcMap dengan penambahan fitur 3D yang dapat diolah dengan tampilan X,Y, dan Z

Fitur-fitur yang dimiliki oleh software ini dinilai menambah keunggulan software yang satu ini di dunia spasial. Saat ini softwarebidang spasial ini bukan hanya digunakan untuk pembuatan peta daerah saja namun juga digunakan dalam bidang spasial lain seperti pembuatan peta sebaran data maupun sebaran penyakit.

Dengan menggunakan software ArcGis, berbagai kebutuhan spasial dinilai lebih mudah dibuat dan diolah. Software ini saat ini juga banyak dipelajari hingga oleh berbagai kalangan dari berbagai bidang demi mendukung kebutuhan pendataan dan statistik data yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *