Kategori
Jasa Olah Data Konsultasi Susun Skripsi

Langkah Tepat Dalam Menggunakan Metode Arma Garch

Langkah Tepat Dalam Menggunakan Metode Arma Garch – Dalam sebuah penelitian, tentunya seorang peneliti harus melakukan langkah-langkah yang sesuai dengan metode yang digunakan. Hal ini dilakukan agar hasil penelitian yang didapatkan sesuai dengan keinpginan atau tujuan dari penelitian tersebut. Begitu pula pada metode Arma Garch.

Namun sayangnya, tak semua orang mengetahui tentang metode yang satu ini. Mungkin Anda juga salah satu orang tersebut. Tapi tenang saja bila tidak tahu tentang metode ini, sebab di bawah ini dijelaskan tentang metode ini secara detail.

Selain definisi, Anda juga akan mengetahui tentang langkah-langkah analisis dengan metode VaR secara univarat dengan pendekatan ARMA-GARCH. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:Apa itu Metode ARMA GARCH?

Autoregressive Moving Average atau yang biasa disingkat arma merupakan penggabungan antara model AR dan MA yang merupakan proses yang menggambarkan kondisi Zt dipengaruhi oleh kondisi sebelumnya yang diikuti at yang bersifat white noise.

ARMA juga diartikan sebagai sebuah model yang digunakan untuk realisasi proses stokastik yang memaksakan struktur spesifik dari rata-rata conditional dari sebuah proses tersebut.

Sedangkan garch atau Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity merupakan sebuah model ekonometrik dan merupakan bentuk umum atau di generalisasi dari Autoregressive conditional Heteroscedastisity atau biaaa disebut arch.

Selain itu, garch juga disebut sebagai sebuah model yang digunakan untuk merealisasi proses stokastik yang memaksakan struktur spesifik varian conditional dari sebuah proses tersebut.

Langkah-Langkah Metode ARMA GARCH

1. Langkah pertama dari metode Arma Garch ini yaitu menghitung nilai realized return di setiap saham perusahaan.

2. Lalu dilanjutkan dengan mendeskripsikan retur perusahaan secara statistik untuk mengetahui karakteristik data Return.

3. Kemudian menguji stasioneritas data return dengan menggunakan uji Dickey Fuller

4. Setelah itu, melakukan uji signifkansi parameter dan uji diagnose residual pada model ARIMA yang terbentuk.

5. Lalu, menguji residual dari model ARIMA yang terbaik menggunakan uji Lagrange Multiplier

6. Langkah selanjutnya dari metode Arma Garch ini yaitu melakukan pendugaan model ARCH-GARCH dan melakukan uji signifikansi parameter dan uji diagnose residual pada model ARCH-GARCH yang terbentuk. Selanjutnya dipilih model ARCH-GARCH yang terbaik dari nilai AIC dan SBC yang terkecil.

7. Menghitung nilai Value at Risk dengan beberapa lamanya waktu investasi yaitu satu hari pada model ARCH-GARCH saham.

8. Langkah yang terakhir yaitu membuat kesimpulan dari hasil perhitungan Value at Risk

Demikianlah sedikit informasi tentang metode Arma Garch serta langkah-langkah yang harus dilakukan apabila menggunakan metode ini, khususnya yang dipadupadankan dengan VaR secara univarat.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan metode ini, Anda harus benar-benar memastikan bahwa metode ini sesuai dengan penelitian yang sedang Anda jalankan agar Anda bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian. Sumber: Endy Normacinthya Damayanti dan Heri Kuswanto, Analisis Risiko Pada Return Saham Perusahaan Asuransi Menggunakan Metode VaR dengan Pendekatan ARMA-GARCH, Vol.16, No. 1, 40-50, July 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.