Kategori
Jasa Olah Data Konsultasi Susun Skripsi

Definisi Serta Kegunaan Metode Analisis Ral Dan Duncan Dalam Penelitian

Saat ini, penelitian seolah menjadi kebutuhan yang wajib dilakukan apalagi oleh orang yang sedang berada di dalam dunia pendidikan. Salah satu contohnya yaitu dalam proses menempuh pendidikan sarjana 1 atau disebut juga dengan Strata 1.

Biasanya, penelitian akan dilakukan sebagai salah satu syarat agar bisa lulus atau yang biasa disebut juga dengan skripsi. Ada banyak sekali metode yang bisa dilakukan dalam penelitian ini salah satu contohnya yaitu metode analisis Ral dan Duncan.

Namun, meskipun jenis metode ini sering digunakan, tapi tak jarang masih ada saja yang tidak mengetahui mengenai metode analisis jenis ini. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai metode analisis tersebut.

Definisi Ral Dan Duncan

Rancangan acak lengkap atau yang biasa disingkat dengan ral merupakan sebuah rancangan lapangan pada suatu lokasi yang homogen. Rancangan yang satu ini dikatakan acak dikarenakan pada setiap satuan percobaan memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan perlakuan.

Namun, akan dikatakan lengkap apabila seluruh perlakuan yang dirancang dalam percobaan tersebut digunakan. Analisis yang satu ini bisa dengan mudah untuk digunakan dan jumlah satuan percobaannya pun tidak dibatasi.

Sedangkan uji Duncan akan dilakukan berdasarkan sekumpulan nilai beda nyata yang ukurannya semakin besar dan tergantung pada jarak antara pangkat pangkat dari 2 nilai tengah yang dibandingkan.

 Uji Duncan ini biasanya akan digunakan untuk menguji perbedaan antara semua pasangan perlakuan yang mungkin tanpa memperhatikan jumlah perlakuan.

Pencetus Metode Analisis Ral Dan Duncan

Menjadi salah satu metode analisis yang cukup digandrungi, pastinya ada pihak-pihak tertentu yang ada dibelakang metode analisis Ral dan Duncan ini. Berdasarkan sejarah yang ada, pelopor dari penggunaan metode statistik dalam perancangan percobaan yang salah satunya adalah rancangan acak lengkap dan duncan ini adalah Sir Ronald A. Fisher.

Waktu Yang Tepat Menggunakan Ral Dan Duncan

Mengingat bahwa ataupun rancangan acak lengkap dan rincian ini merupakan bagian dari rancangan percobaan, maka keduanya harus digunakan pada waktu yang tepat agar bisa membantu dalam proses penelitian yang dilakukan.

Di antara metode analisis Ral dan Duncan ini memiliki waktu penggunaan yang berbeda-beda. Misalnya pada ral atau rancangan acak lengkap akan digunakan saat unit percobaan yang relatif homogen atau sama. Biasanya terjadi apabila penelitian tersebut dilakukan di laboratorium dengan unit percobaan atau sampelnya yang begitu besar.

Sedangkan Duncan akan digunakan saat perlakuan atau sampelnya lebih dari 3. Namun, perbandingan antara tiap perlakuan lebih rapat karena memiliki nilai tabel masing-masing.

Demikianlah informasi seputar metode analisis ral dan Duncan. Jenis metodologi yang satu ini merupakan bagian dari statistika yang pastinya akan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk sebuah penelitian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.