Kategori
Jasa Olah Data Konsultasi Susun Skripsi

Pengertian Metode Meta Analisis dalam Penelitian Mengenai Statistika

Metode Meta Analisis dalam Penelitian Mengenai Statistika – Meta Analisis adalah salah satu teknik statistika yang menggabungkan dua atau lebih dari penelitian yang sejenis untuk memperoleh data secara kuantitatif. Metode ini termasuk studi observasional retrospektif dimana peneliti akan membuat Rekapitulasi data tanpa adanya manipulasi eksperimental.

Metode ini tidak bersifat subjektif bila dibandingkan dengan metode tinjauan yang lainnya. hal tersebut tidak fokus pada kesimpulan yang diperoleh dari berbagai studi namun lebih fokus pada data. Caranya dengan melakukan operasi pada variabel, ukuran sampel, serta besarnya ukuran efek dari data yang dianalisis.

Deskripsi

Metode meta analisis akan menggunakan hasil akhir dari studi yang serupa mulai dari besar atau ukuran dari efek berdasarkan penemuan empiris. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri dari metode tersebut jika dibandingkan dengan jenis metode lain. Metode ini memungkinkan adanya kombinasi dari hasil yang lebih beragam serta memperhatikan ukuran sampel relatif dan efek.

Fungsi dari tinjauannya cukup akurat karena menggunakan jangkauan analisis yang sangat pusat. Jawaban yang disediakan terhadap masalah yang diperdebatkan sudah tersedia konflik dalam penemuan yang beragam. Metode ini termasuk analisis integratif sekunder dengan prosedur statistik pada pengujian hipotesis penelitian.

Analisis sekunder yang dimaksud pada metode Meta Analisis dilakukan terhadap data agar dapat menjawab pertanyaan penelitian menggunakan teknik statistik yang lebih baik. Nantinya Anda dapat menjawab pertanyaan baru menggunakan data lama yang dimiliki. Hal ini dapat menjadi ciri-ciri penting untuk riset dan kegiatan evaluasi agar lebih efektif.

Kelebihan

Berdasarkan penjelasan diatas metode ini sudah jelas memiliki kelebihan yang dapat diperoleh oleh para peneliti. Teknik ini dapat mengkombinasikan berbagai macam hasil penelitian dengan cara kuantitatif. Di dalamnya teknik ini akan menggambarkan hubungan antar penelitian dengan baik sehingga mampu mengatasi perbedaan hasil antar penelitian.

Selain itu, metode Meta Analisis bersifat lebih objektif karena fokus pada data dibandingkan review literatur lainnya. Nantinya hal tersebut akan fokus pada kesimpulan dan effect size dari berbagai macam segmen. Meta Analisis juga tentunya dilakukan secara kuantitatif sehingga bisa lebih mudah untuk dilakukan dalam proses penelitian.

Tujuan

Penelitian ini bersifat lebih sederhana dan mencakup poin-poin penting secara kuantitatif. Tujuan dari metode ini ialah untuk menyelesaikan ketidakpastian dari hasil laporan, menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah yang belum dikaji, menemukan konsistensi atau ketidak konsistenan suatu penelitian, serta melakukan interfensi dari data dalam sampel ke dalam populasi.

Proses yang akan dilakukan pada metode ini meliputi mencari dan mengumpulkan topik, perhitungan effect size, identifikasi heterogenitas effect size, analisis variabel moderator, penarikan kesimpulan hingga interpretasi hasil penelitian.

Beberapa informasi mengenai jasa olah data metode Meta Analisis di atas sangat penting untuk Anda ketahui terutama jika sering melakukan penelitian yang bersifat objektif dengan data kuantitatif. Metode ini dapat membantu Anda mendapatkan hasil penelitian dan data yang lebih sesuai dengan tahapan yang lebih mudah digunakan.

Referensi : Fatkhan.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.