Kategori
Jasa Olah Data Konsultasi Susun Skripsi

Tips Belajar Program Python untuk Pemula Mudah

Dalam dunia programmer, bisa dibilang Python menjadi primadona yang sangat dibanggakan. Bahasa pemrograman ini bisa dijalankan di berbagai jenis platform, mulai dari Windows, Linux, ataupun MacOS. Tak hanya itu saja, bahasa ini pun bisa ditransfer ke mesin virtual Java atau .NET. Itulah sebabnya, semakin banyak programmer yang belajar cara menjalankan program Python.

Bahasa Pemrograman Open Source yang Gratis

Satu keunggulan Python yang menjadikannya memiliki banyak penggemar adalah bahasa pemrograman ini bersifat open source dan gratis. Artinya, programmer tidak perlu membeli lisensi khusus untuk mulai bisa menggunakan Python.

Beberapa versi Linux dan MacOS memiliki bawaan program Python sudah terinstal. Akan tetapi, kebanyakan versi Python tersebut sudah kadaluarsa dan butuh di-update.

Meskipun Python bersifat open source dan tidak membutuhkan lisensi berbayar, namun menggunakan Python butuh dukungan program pihak ketika. Hal ini dikarenakan, Python sepenuhnya berfungsi sebagai bahasa pemrograman saja.

Biasanya pengguna Python merupakan programmer yang telah memiliki jam terbang pengalaman dan kemampuan tingkat dewa. Terlebih, proses pembuatan program dengan menggunakan Python juga bisa memakan waktu yang lama dan kurang disarankan jika membutuhkan waktu proses yang cepat.

Bagaimana Cara Mengoperasikan Python?

Seperti yang sudah disinggung, Python hanya bersifat sebagai bahasa pemrograman saja. Jadi harus ada program lain yang dijalankan agar bisa menggunakan Python untuk membuat sebuah program. Untuk lebih jelasnya, simak dua cara yang bisa dipilih untuk mengoperasikan Python berikut:

1. Menginstal Thony IDE

Memilih menginstal Thony IDE berarti tidak perlu lagi menginstal Python secara terpisah. Alasannya karena program IDE ini punya versi terakhir Python sebagai bawaan. Bisa dikatakan, menggunakan Thony IDE merupakan shortcut untuk menggunakan Python. Untuk menjalankan Python menggunakan Thony IDE, ini langkah-langkahnya:

  • Download dan install Thony IDE di computer
  • Buka menu File >> New, lalu save file dengan ekstensi .py
  • Tuliskan kode Python untuk program yang ingin dibuat, lalu simpan file
  • Jalankan program yang telah ditulis dengan atau lebih mudahnya tinggal pencet F5

2.  Menginstal Python secara Terpisah

Selain dengan menggunakan Thony IDE, menjalankan Python juga bisa dilakukan dengan program Python itu sendiri secara langsung. Pastikan ketika menginstal versi Python terbaru, mencentang dialog Add Python to environment variables, dengan begitu Python bisa dijalankan dari mana pun di computer. Berikut 2 pilihan untuk menjalankan Python:

  • Jalankan immediate mode pada Python, caranya dengan mengetikkan Python pada baris perintah untuk mengaktifkan immediate mode Kemudian, langsung saja ketikkan kode Python dan tekan Enter untuk mendapatkan output. Setelah selesai, ketikkan quit () dan Enter.
  • Memanfaatkan IDE (Integrated Development Environment). Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Python tidak memiliki IDE bawaan. Oleh karenanya, membuat script file untuk Python bisa dilakukan pada IDE atau Text Editor mana pun. Syaratnya hanya satu, simpan file dengan ekstensi .py.

Mengetahui cara menjalankan program Python memang tidak serta menjamin bisa langsung menghasilkan sebuah program dengan bahasa ini. Untuk itu, ada baiknya langsung berkonsultasi pada Patra Statistika untuk mendapatkan bantuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.