Kategori
Jasa Olah Data

Aplikasi Olah Data SAS untuk Menganalisa Data dengan Mudah 

Ketika meneliti segala sesuatu, sebaiknya menggunakan aplikasi untuk mengolah data mentah dari hasil penelitian. Dengan demikian, data tersebut dapat dipastikan kebenarannya. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah aplikasi olah data SAS. Mari ketahui lebih banyak mengenai aplikasi tersebut, agar dapat mendapatkan data yang akurat.

Definisi Aplikasi Olah Data SAS 

Aplikasi olah data SAS adalah paket perangkat lunak pada komputer yang berguna untuk mengolah data statistik, manajemen data, dan intelijen bisnis, yang dikembangkan oleh SAS institute. Sama dengan jenis aplikasi olah data lainnya yang dapat digunakan untuk mengolah data statistik. Aplikasi ini juga banyak digunakan oleh IT. 

Tahapan Cara Menghitung  Data dengan Aplikasi SAS 

Aplikasi ini terkenal lebih akurat dan menghasilkan data dengan cepat untuk proses analisis dan mengolah manajemen data SDM, intelijen bisnis, manajemen data pemasaran. Dengan demikian, apabila akan menggunakan aplikasi ini sebaiknya mengetahui beberapa tahapan terlebih dahulu agar aplikasi tersebut bisa digunakan dengan lebih mudah. 

1. Menyusun Data dalam Bentuk Tabel 

Data mentah sebaiknya disusun dalam sebuah tabel dalam format Ms. Excel. Selanjutnya data harus dimodifikasi terlebih dahulu untuk menentukan variabel. Contohnya, data pengangguran pada sebuah negara. Data tersebut harus disusun per kolom seperti pendidikan terakhir, tahun, bulan, dan jumlah pengangguran. 

2. Mengimport Data pada Program SAS 

Setelah disusun dengan data yang telah dimodifikasi dalam kolom dengan bentuk vertikal pada format file. Selanjutnya adalah mengimport data tersebut pada aplikasi SAS. Aplikasi SAS bisa diinstal terlebih dahulu untuk semua operating system. Setelah itu klik RUN dan hasilnya akan keluar dan bisa diekspor dalam bentuk Excel. 

3. Mencari Total Data per Tahun 

Berhubung aplikasi ini lebih mendukung untuk proses analitik, selanjutnya adalah mencari total data per tahun. Data tersebut akan digunakan untuk menghitung rata-rata guna kepentingan analisa. Secara otomatis aplikasi ini akan mencari total data per tahun, sebagaimana yang telah diprogram sebelumnya. 

4. Menghitung Rata-rata 

Selanjutnya menghitung rata-rata dari semua data yang telah dihitung dengan menggunakan aplikasi SAS. Rata-rata tersebut akan ditunjukan pada sebuah plot. Dengan demikian, proses analitikal bisa terbaca dengan mudah. Dengan mengetahui rata-rata, akan lebih mudah untuk memprediksi kondisi di masa depan. 

5. Hasil Ditunjukan dalam Sebuah Grafik 

Grafik tersebut akan menunjukan data yang telah diinput sebelumnya dalam aplikasi SAS. Pada aplikasi tersebut bisa menunjukan grafik yang berguna untuk pengambilan keputusan untuk masa depan dengan menganalisa suatu keadaan dan kondisi terlebih dahulu. 

Penggunaan aplikasi olah data SAS lebih unggul karena kemampuan analitiknya. Itulah sebabnya, aplikasi ini banyak digunakan untuk intelijen bisnis, manajemen data SDM dan terkait dengan pemasaran. Dengan demikian, bisa diprediksi kemampuan produk ketika diluncurkan hingga bisa atau tidaknya menguasai pangsa pasar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *