Kategori
Jasa Olah Data

Aplikasi Olah Data STATA untuk Berbagai Penelitian

Ketika melakukan kegiatan penelitian baik untuk skripsi, tesis dan disertasi diperlukan aplikasi olah data STATA . Terlebih jika penelitian tersebut merupakan jenis penelitian kualitatif. Tentunya akan banyak pengolahan data yang berupa angka yang akan digunakan sebagai data statistik. Dengan demikian, dapat diketahui keterkaitan hubungan variabel yang diteliti.

Apa Itu Aplikasi Pengolah Data STATA? 

Aplikasi olah data STATA adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengolah data pada software komputer  atas penelitian yang dilakukan untuk mengolah data kuantitatif maupun kualitatif. Khususnya untuk aplikasi yang digunakan untuk kepentingan akademis seperti tesis dan skripsi. Dimana pengajian data yang akurat sangatlah penting untuk menentukan hubungan keterkaitan antara dua variabel. 

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Olah Data 

Ada beberapa jenis yang berbeda untuk aplikasi olah data, seperti SPSS, SATA, PAST, PSPP, dan lainnya. Tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan pada masing-masing aplikasi tersebut. Berikut ini adalah kelebihan menggunakan aplikasi olah data STATA yang penting untuk diketahui sebelum mengolah data:

1. Bisa Mengolah Semua Data

Keunggulan yang pertama dari aplikasi ini bisa mengolah semua data dengan praktis. Berbeda dengan aplikasi lainnya yang harus melewati beberapa tahapan terlebih dahulu sebelum mengolah data. Aplikasi ini bisa langsung digunakan melalui data mentah. 

2. Mudah Untuk Menghitung Data Berupa Kuesioner 

Biasanya untuk menghitung data yang diambil dari kuesioner hanya menghitung simple random sampling /SRS. Hal tersebut membuat kesulitan untuk mengetahui data secara akurat. Berbeda dengan STATA, aplikasi ini mampu menghitung data yang diambil secara kuesioner dengan berbagai metode. 

3. Mudah Digunakan Secara Manual 

Walaupun data diinput secara manual namun hal tersebut merupakan salah satu kelebihan dari aplikasi STATA. Pasalnya, data bisa dihitung dengan mudah dengan semua data yang ada, tanpa harus melewati beberapa tahapan perhitungan terlebih dahulu. Dengan hasil yang maksimal 

4. Cocok untuk Mengolah Data yang Besar 

Sesuai dengan poin sebelumnya, aplikasi ini diinput secara manual sehingga cocok digunakan untuk mengolah data yang besar. Berbeda dengan aplikasi lainnya yang hanya terbatas pada tabel yang telah ditentukan sehingga tidak bisa mengolah data yang besar. 

5. Berpeluang Besar Lolos Uji Asumsi Klasik 

Uji asumsi klasik sangat dibutuhkan sebagai dasar untuk melanjutkan penelitian ke berbagai metode lainnya. Sayangnya, pada beberapa aplikasi lainnya seringkali kesulitan untuk menentukan uji asumsi klasik. Sementara pada STATA, pengujian asumsi klasik bisa dengan mudah dilakukan. Dengan demikian, bisa dilanjutkan untuk penelitian metode lainnya. 

Di antara banyaknya aplikasi untuk mengolah data statistik, aplikasi olah data STATA adalah paling direkomendasikan. Walaupun, aplikasi olah data SPSS banyak digunakan untuk mengolah data. Hal tersebut direkomendasikan karena beberapa kelebihan yang telah dijelaskan sebelumnya. Khususnya untuk mengolah data besar dan sampel. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *