Kategori
Jasa Olah Data Jasa Skripsi Tesis Disertasi

Mengenal Algoritma Genetika MATLAB, Tiruan Teori Evolusi dengan Banyak Fungsinya

Algoritma adalah salah satu jenis ilmu yang paling penting dalam matematika karena memang fungsinya yang beragam. Dalam penerapannya pun algoritma memiliki nama yang lebih beragam lagi salah satunya adalah algoritma genetika dalam berbagai aplikasi. Saat ini salah satu aplikasi yang lazim digunakan yaitu algoritma genetika MATLAB dengan fungsi yang menarik.

Apa Itu Algoritma Genetika?

Algoritma genetika adalah metode yang digunakan untuk mengatasi optimasi yang dibatasi ataupun tidak. Permasalahan yang biasa diatasi ini berdasar pada seleksi natural yang meniru contoh dari evolusi biologi. Algoritma ini akan berkali-kali mengulang dan memodifikasi populasi sebagai solusi individual. Dalam setiap langkahnya, algoritma genetika ini bisa dibilang punya fungsi yang unik.

Secara gamblang, algoritma ini bekerja dengan cara memilih secara acak individu-individu tertentu dalam sebuah populasi. Kemudian algoritma ini akan menggunakan individu terpilih tersebut untuk menghasilkan generasi yang akan datang. Dampaknya adalah didapatkan generasi selanjutnya yang lebih sukses sehingga populasi tersebut akan berkembang sebagai solusi optimal.

Perbedaan Algoritma Genetika dan Algoritma Klasik

Banyak orang yang masih memandang dua jenis algoritma ini sebagai algoritma yang sama. Padahal kenyataannya dua algoritma ini memiliki perbedaan dalam banyak hal loh.

Pada algoritma genetika ini pengulangan dilakukan dalam sebuah populasi besar hingga populasi secara garis besar akan mendapatkan keuntungan. Sedangkan pada algoritma klasik prosesnya lebih kepada satu point saja dalam setiap pengulangannya yang cocok untuk mendapatkan solusi terhadap satu faktor.

Selain itu pada algoritma genetika juga program akan memilih populasi tertentu dengan komputasi yang menggunakan generator acak. Namun pada algoritma genetika, pemilihan sampel selanjutnya tidak acak dan selalu menggunakan komputasi deterministik.

Kegunaan Algoritma Genetika

Fungsi dari algoritma yang didasarkan pada teori ilmu biologi ini bisa beragam loh bergantung pada keinginan pengguna. Kasus yang biasa diatasi dengan algoritma ini diantaranya adalah optimasi dan otomatisasi baik dalam permesinan yang rumit atau kecil sekalipun. Ini juga bisa digunakan untuk membuat pemodelan ekonomi yang bisa dikatakan memiliki peluang bertahan paling besar nantinya.

Pemodelan sistem imunisasi ternyata juga bisa dijalankan dengan program ini loh agar bisa menentukan rate terbesar keberhasilan nantinya. Yang paling sering digunakan adalah dalam optimasi kasus travelling salesman problem. Dalam kasus tersebut MATLAB dengan program algoritma genetikanya bisa menentukan rute terpendek antar beberapa lokasi. Ini tentu akan sangat memudahkan bagi pekerja antar barang ataupun sales yang perlu ke berbagai tempat.

Nah fungsi dari algoritma genetika MATLAB ini ternyata memang tidak hanya itu saja. Beberapa hal seperti pembelajaran mesin, pemodelan ekologis, dan juga interaksi antara evolusi serta pembelajaran juga bisa dilakukan. Untuk tahu lebih lanjut segera hubungi Patra Statistika yang bisa membantu semua permasalahan dalam ilmu statistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.