Kategori
Jasa Olah Data Jasa Pemetaan Geografi Jasa Skripsi Tesis Disertasi Peta Digital Arcgis Arcview

Memahami Apa Itu Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya Menggunakan MATLAB di Sini:

Teknologi yang ada saat ini tidak semuanya berasal dari penemuan-penemuan baru dengan fungsinya yang paling mutakhir. Penemuan lama pun masih ada yang digunakan hingga saat ini seperti misalnya pengolahan citra digital ini tetapi memang mengalami banyak perkembangan. Saat ini tentang pengolahan citra digital dan aplikasinya menggunakan MATLAB adalah yang paling populer.

Pengertian Citra Digital

Citra digital sendiri adalah representasi yang digunakan untuk menyebut fungsi dari intensitas cahaya yang terdapat dalam bidang dua dimensi. Seringnya citra digital ini digunakan dalam bentuk foto ataupun video dengan masing-masing keunikannya.

Pengelompokan citra digital berdasarkan jenis warnanya ada tiga jenis yakni RGB, Grayscale, dan Biner yang memang berbeda. Citra RGB ada tiga kanal warna yang digunakan sebagai dasar yakni merah, hijau, dan juga biru. Sedangkan pada citra grayscale warna yang digunakan adalah hitam putih tetapi dengan intensitas berbeda seperti warna abu-abu. Untuk citra Biner sendiri benar-benar menggunakan warna hitam dan putih saja dan tidak ada perbedaan warna seperti pada abu-abu di Grayscale.

Apa itu Pengolahan Citra Digital?

Pengolahan citra digital sendiri bisa diartikan sebagai manipulasi yang dilakukan terhadap gambar-gambar digital melalui sebuah proses komputasi. Nah dalam pengolahannya tidak terfokus pada sub-bidang sinyal dan sistem yang ada tetapi lebih fokus terutama pada gambarnya.

Sistem ini dalam pengembangannya lebih berfokus pada pengembangan sistem agar suatu citra bisa diproses dengan output lebih baik. Salah satu aplikasi yang digunakan untuk pengembangan ini adalah MATLAB sendiri dengan perintah unik tentunya. Input yang dimasukkan akan diolah dengan algoritma tertentu hingga menghasilkan sebuah citra sebagai hasil akhirnya.

Contoh Aplikasi dari Pengolahan Citra Digital

Saat ini, seiring dengan berkembangnya dunia fotografi maka pengolahan citra digital sebenarnya berada jauh lebih dekat. Ada banyak sekali penggunaan dari pengolahan citra digital yang biasa dilakukan tetapi mungkin tidak disadari. Salah satu contoh dari pengolahan citra digital yakni image sharpening and restoration.

Dalam bahasa Indonesia, fungsi tersebut sering disebut dengan mempertajam gambar dan merestorasinya agar tampak lebih baik. Beberapa editing atau pengolahan yang termasuk dalam fungsi ini misalnya adalah memperbesar, memblur, mempertajam, perubahan warna, dan juga rekognisi gambar.

Contoh paling mutakhir dalam pengaplikasiannya adalah UV Imaging atau pemindaian sebuah benda. Pemindaian bumi menggunakan sebuah satelit dari jarak jauh kemudian memprosesnya hingga didapat sebuah informasi juga merupakan pengolahan citra digital ini. Sebuah informasi bisa didapat dan dibagikan dengan lebih mudah karena adanya proses ini.

Pengolahan citra digital dan aplikasinya menggunakan MATLAB mungkin memang akan sedikit rumit karena bahasa pemrogramannya. Tapi saat ini sudah ada Patra Statistika yang bisa membantu dalam keadaan apa pun sehingga tidak ada lagi kata sulit. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.