Kategori
Jasa Olah Data Jasa Skripsi Tesis Disertasi

Pengolahan Menggunakan R-Studio Statistik

Statistika deskriptif merupakan sebuah metode pemberian informasi dalam bentuk yang lebih ringkas, rapi dan mudah dimengerti. Metode ini biasanya memberikan informasi dalam bentuk tabel, diagram dan grafik agar lebih mudah dan cepat dipahami oleh sang pembaca. Agar sebuah data dapat menampilkan data dalam bentuk statistika deskriptif, maka dibutuhkan pengolahan data melalui sebuah program seperti R-Studio Statistik.

Tentang R-Studio

Salah satu program yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan maupun mahasiswa dalam mengolah data adalah R-Studio Statistik. Ini adalah sebuah program yang mampu mengolah dan menganalisa data dengan memberikan informasi dalam bentuk statistika deskriptif.

Hingga saat ini R-Studio Statistik merupakan 10 bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia. Salah satu alasan mengapa program ini banyak digunakan adalah karena kemudahannya dalam mengolah data. Selain itu, R dikembangkan secara open source sehingga dapat digunakan secara legal dengan gratis.

Persiapan Penggunaan R-Studio

Dikarenakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki tersebut, R-Studio begitu populer dan menarik semakin banyak peminat. Bagi yang ingin memulai, berikut adalah beberapa langkah yang harus dipersiapkan:

1. Mempersiapkan Data yang akan Dianalisa

Salah satu kelebihan dari Program R adalah kemampuannya dalam mengolah dan menganalisa data dengan jumlah yang banyak. Jadi, meskipun jumlahnya banyak, program tetap mampu mengolah dan menunjukkannya dalam bentuk statistika deskriptif. Sebelum memasukkan data ke dalam program, pastikan bahwa data sudah disimpan dalam format yang dibutuhkan. Salah satu format terumum adalah excel.

2. Download dan Install R & R-Studio

Karena program ini merupakan open source, maka program dapat diunduh secara gratis dari halaman resminya. Jika ada update atau perbaikan sistem, maka akan langsung tersedia di halaman resminya pula. Pastikan untuk mengunduh program sesuai dengan sistem komputer masing-masing.

Selanjutnya, install program ke dalam PC dan pastikan bahwa program sudah terinstall dengan baik, Jika instalasi dilakukan dengan benar, maka akan muncul ikon R pada desktop di akhir proses.

3. Import Data

Tahap selanjutnya adalah memasukkan data ke dalam program R-Studio. Pilihlah data yang ingin diolah dan dianalisis dan import ke dalam program. Output dari program ini berbagai macam dari grafik, mean, diagram dan masih banyak lagi. Selanjutnya, simpanlah data dalam bentuk yang diinginkan, bisa di word, excel, bahkan txt.

Meskipun tergolong mudah, namun baik para pekerja maupun mahasiswa seringkali mengalami kesulitan dalam mengelola data dengan R-Studio Statistik. Jika hal ini terjadi, tidak perlu khawatir atau panik karena kami adalah solusinya.

Kami adalah solusi yang dicari karena kami siap membantu segala masalah yang ada. Kami siap membantu perusahaan maupun mahasiswa yang membutuhkan bantuan untuk mengolah dan menganalisa data menjadi lebih mudah. Dengan kami, segala masalah pengolahan dan data akan terselesaikan dengan cepat. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *