Kategori
Jasa Olah Data

Cara Mengubah Polygon to Point ArcGIS Versi Desktop dengan Basic License

Ada kalanya, polygon butuh untuk dilihat sebagai point pada sebuah peta. Ini terjadi jika polygon yang ada kurang memenuhi syarat untuk menjadi sebuah area. Misalnya, ketika polygon berukuran kurang dari 20 mil2. Itulah mengapa ada menu untuk mengubah polygon to point ArcGIS.

Ketika polygon diubah ke point, maka atribut yang ada pada polygon akan ditransferkan sebagai atribut point yang dibuat. Proses ini dilakukan bukan untuk mengubah layer polygon, melainkan untuk membuat layer point dengan atribut yang dimiliki oleh polygon. Untuk melakukannya, begini caranya:

1. Tambahkan Atribut Geometri

Pastikan bahwa dokumen peta yang akan diedit dari polygon ke point sudah terbuka pada ArcMap. Lalu, klik tombol Search dan cari Add Geometry Attributes, kemudian klik untuk membukanya. Selanjutnya, isikan:

  • Pada Input Features, pilih layer berisi polygon yang akan dijadikan sebagai point
  • Pilih properties yang ingin ditampilkan pada point nantinya di pilihan Geometry Attributes
  • Kosongkan bagian Length Unit dan Area Unit
  • Isikan sistem koordinat sesuai dengan sistem koordinat yang sesuai pada kotak dialog Coordinate System (optional)
  • Terakhir, klik tombol OK

Setelah proses ini selesai, point akan memiliki atribut yang sama dengan polygon yang akan diubah nanti.

2. Tambahkan Point Layer pada Peta

Di tahapan ini, akan menambahkan point atau titik pada peta untuk menggantikan posisi polygon. Untuk melakukannya, klik tombol Search dan ketikkan Make XY Event Layer untuk mencari Make XY Event Layer tool. Setelah muncul, klik untuk membuka kotak dialog dan masukkan:

  • Di kotak dialog XY Table pilih polygon layer yang akan diubah menjadi point
  • Pada kotak dialog X Field dan Y Field, pilih X dan Y sesuai dengan output dari Geometry Properties seperti yang sudah dilakukan pada langkah pertama
  • Kosongi kotak dialog Z Field
  • Jika pada kotak dialog Spatial Reference (optional), sistem koordinat yang tertera tidak sesuai dengan yang seharusnya, maka bisa diubah
  • Klik OK

Jika setelah proses ini point tidak muncul pada peta yang ditampilkan, maka non-aktifkan proses geoprocessing yang terjadi di background. Caranya adalah dengan mengklik Geoprocessing > Geoprocessing Option, pada baris Background Processing hapus pilihan Enable, dan klik OK.

Maka akan muncul point features sesuai dengan atribut yang ingin ditampilkan pada peta dengan points itu tadi.

Proses pembuatan peta dengan ArcGIS memang tergolong rumit. Apalagi untuk mengubah polygon to point ArcGIS, meskipun itu versi yang basic. Sayangnya, ArcGIS selalu dibutuhkan, khususnya untuk kegiatan analisis spasial.

Oleh karena itu, bisa memanfaatkan jasa pengolahan data yang ditawarkan oleh Patra Statistika. Tidak hanya pengolahan data statistik saja, Patra Statistika juga punya tim ahli dalam urusan pengolahan data spasial dan pembuatan peta dengan menggunakan ArcGIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.