Kategori
Jasa Olah Data Jasa Skripsi Tesis Disertasi Konsultasi Susun Skripsi

Penjelasan Metode VARX pada Model GSTAR

Apa itu Metode VARX pada Model GSTAR?

Model VAR  memiliki pengembangan atau bentuk lain yang disebut dengan VARX. Metode ini merupakan singkatan dari vector autoregressive with exogenous. Istilah ini termasuk sebuah model peramalan yang digunakan untuk mengetahui hubungan satu variabel dengan variabel lainnya.

Untuk model VARX ini terdapat proses pengembangan dengan menggunakan input X di mana x merupakan variabel eksogen. Salah satu bagian dari variabel eksogen ialah variasi kalender dimana model tersebut termasuk model multivariat time series yang dapat menangkap efek variasi tersebut. Metode ini dapat diterapkan dan diimplementasikan terhadap model GSTAR atau GeneralizedSpace Time Autoregressive yang merupakan salah satu model yang bisa digunakan untuk mengatasi data deret dalam waktu dan lokasi.

Manfaat Metode VARX pada Model GSTAR

Metode VARX pada model GSTAR  ini sangat bermanfaat untuk memodelkan beberapa jenis kondisi terutama yang berhubungan dengan model runtun waktu. Runtun waktu yang dimaksud bisa berupa harian, mingguan, bulanan bahkan mencapai tahunan. Syarat utamanya tentu ada pada penggunaan data dan juga runtunan waktu yang terukur.

Penerapan metode tersebut dapat menyelesaikan studi kasus dengan data yang bersifat kumulatif. Berbagai data yang memiliki jumlah cukup banyak dan kompleks dapat terselesaikan dengan menggunakan perpaduan metode tersebut. Hal tersebut bisa lebih terselesaikan jika diselesaikan dengan runtun waktu yang sesuai.

Menariknya berbagai data yang bersifat variatif dan terdiri dari beberapa jenis bisa menggunakan metode tersebut sehingga penyelesaian dengan runtun waktu yang baik bisa sangat jelas dan terukur. Hal tersebut sangat penting untuk dipelajari agar bisa menyelesaikan analisa dan penelitian tertentu.

Metode VARX pada model GSTAR pada dasarnya dapat digunakan untuk analisis dan penelitian dengan penggunaan data tertentu. Hal tersebut harus menggunakan runtun waktu yang pasti dengan metode dan sistem yang terukur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.