Kategori
Jasa Olah Data Jasa Skripsi Tesis Disertasi

Mengenal Metode Simualsi Monte Carlo

Menghitung Probabilitas Dengan Metode Simualsi Monte Carlo – Dalam sistem analisis dan perhitungan setiap data dibutuhkan metode penelitian atau metode penentuan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan. Metode-metode yang digunakan untuk berbagai kebutuhan data juga berbeda-beda tergantung pada jenis data yang dianalisa.

Salah satu Metode yang digunakan untuk mengamati kemungkinan suatu variabel adalah metode simulasi Monte Carlo . Metode ini merupakan teknik prosedur simulasi yang diselesaikan dengan menggunakan contoh variabel tertentu yang tidak beraturan.

Simulasi Monte Carlo dilakukan dengan beberapa langkah diantaranya:

  • Menetapkan distribusi probabilitas bagi variabel yang penting
  • Membuat distribusi probabilitas kumulatif bagi setiap variabel
  • Menetapkan interval angka random bagi setiap variabel
  • Membangkitkan angka random
  • Menyimulasikan serangkaian

Metode ini juga sering dijabarkan sebagai algoritma komputasi yang digunakan untuk mensimulasikan perilaku sistem fisika dan matematika. Metode ini juga lebih sering digunakan untuk melihat atau menghitung peluang dari serangkaian data berupa angka yang ada. Dan digunakan dalam data-data yang berbentuk angka untuk melihat peluang nilai terbesar yang akan terjadi berdasarkan distribusi data sampling. Dalam praktiknya, metode simulasi Monte Carlo sering digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang keuangan.

Dalam bidang keuangan metode ini sering digunakan untuk menghitung risiko finansial yang ada berdasarkan data-data dalam aktivitas finansial tersebut. Beberapa jenis aktivitas finansial yang sering dihitung menggunakan metode ini adalah risiko kredit dan risiko investasi.

Metode simulasi Monte Carlo ini bertujuan untuk mendapatkan nilai akhir berupa peluang penyelesaian dari data sampling, metode ini digunakan untuk menghitung peluang permintaan pasar berdasarkan data sampling permintaan pasar sebelumnya.

Metode ini dinilai menjadi salah satu metode yang memberikan banyak keuntungan kepada para penggunanya karena dapat membantu menghitung probabilitas terhadap data yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan tertentu. Dalam dunia perbankan, metode ini bahkan bisa membantu memperkirakan keuntungan dan kerugian yang akan dialami oleh seseorang.

Seiring dengan perkembangan teknologi metode ini juga bisa diterapkan atau digunakan melalui add ins excel dengan crystal ball dari Oracle. Meski telah tersedia dalam bentuk teknologi yang cukup mutakhir, namun tidak jarang juga beberapa kalangan yang tetap menggunakan cara atau langkah manual saat menggunakan metode ini.

Menghitung probabilitas sebuah data angka random menggunakan metode simulasi Monte Carlo bisa mempermudah proses pengambilan keputusan dari sebuah aktivitas atau kegiatan penting. Dengan metode yang tepat maka hasil penghitungan data yang dilakukan juga bisa jauh lebih akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.