Kategori
Jasa Olah Data Jasa Skripsi Tesis Disertasi Konsultasi Susun Skripsi

Mengenal Metode Uji Sobel Test

Apa itu Metode Uji Sobel Test?

Sobel test adalah uji yang digunakan untuk mengetahui apakah Terdapat hubungan melalui suatu variabel mediasi secara signifikan. Yang mana variabel tersebut diuji apakah mampu berperan sebagai mediator dalam hubungan tersebut. Sebagai contoh suatu variabel A apakah memiliki pengaruh terhadap B melalui variabel M.

Dalam hubungan tersebut, metode uji sobel test menggunakan variabel M sebagai mediator hubungan dari A ke B. Hal ini digunakan untuk menguji seberapa besar peran variabel dalam memediasi pengaruh A terhadap B yang digunakan dengan uji sobel test.

terdapat contoh lain dari hasil model regresi dengan menggunakan SPSS yang mana digunakan tiga variabel yaitu insentif sebagai variabel independen, motivasi digunakan sebagai mediator, serta kinerja digunakan sebagai variabel dependennya. Apakah regresi pun dilakukan sebanyak 2 kali yaitu regresi pertama dilakukan antara insentif terhadap motivasi dan kinerja. Kemudian untuk yang kedua meregresikan antara motivasi terhadap kinerja.

Kegunaan Metode uji sobel test

Digunakan untuk dapat mengetahui pengaruh variabel mediasi berupa kepuasan. Menurut Baron dan Kenny di dalam Ghazali dinyatakan bahwa suatu variabel dapat disebut intervening apabila variabel tersebut dapat ikut mempengaruhi hubungan antara variabel yang independen dan juga variabel yang dependen.

Uji sobel ini digunakan untuk menguji kekuatan dari pengaruh tidak langsung dari variabel independen berupa X ke variabel dependen berupa Y2 melalui variabel intervening berupa Y1. Cara perhitungannya adalah dengan mengalikan pengaruh tidak langsung dari X ke Y2 melalui Y1, yang kemudian menggunakan cara mengalihkan jalur X- Y1 (menjadi a) dengen jalur Y1 – Y2 (menjadi b) atau jalur ab.

Di dalam metode ini tersebut terdapat koefisien ab = (c-c’) yang mana c adalah pengaruh dari X terhadap Y2 tanpa menghubungkan Y1,  dan c’ merupakan koefisien pengaruh X terhadap Y2 setelah menghubungkan Y1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.