Kategori
Jasa Olah Data Uncategorized

Mengenal Lebih Dekat Metode Regresi Linear dalam Statistik

Metode regresi linear bisa Anda temukan ketika mempelajari statistika. Meski metode ini sudah sering terlihat dan diterapkan dalam banyak hal, namun masih ada yang belum memahaminya secara lebih mendalam. Apabila Anda juga belum mengenalnya secara lebih dekat, cermati saja pembahasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Metode Regresi Linear

Metode ini merupakan teknik analisis data yang cara kerjanya dengan memprediksi nilai data tertentu. Nilai data tersebut tidak diketahui lantas menggunakan nilai data lainnya yang saling berkaitan dan diketahui.

Dengan definisi tersebut, secara matematis metode ini memodelkan variabel yang tak diketahui dan variabel yang dikenal sebagai persamaan linear. Hal tersebut sama saja melibatkan variabel tergantung dan variabel independen.

Teknik Analisis Regresi Linear

Dalam metode ini, terdapat sejumlah teknik analisis yang tak kalah penting untuk Anda ketahui. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.

Regularisasi

Teknik dalam metode regresi linear ini melihat jumlah kesalahan paling kecil yang ada di data untuk meminimalisir tingkat kompleksitas model.

Ordinary Least Squares

Ordinary Least Squares menggunakan software statistik yang biasanya dalam Excel. Caranya dengan meminimalkan jumlah selisih kuadrat antara dua nilai.

Gradient Descent

Teknik ini berguna untuk menganalisis regresi dengan jumlah data yang besar.

Regresi Linear Sederhana

Regresi linear sederhana menitikberatkan hubungan variabel dependen dan independen. Teknik ini sering berguna untuk melihat prediksi kedepannya.

Pentingnya Regresi Linear

Penerapan metode regresi linear ini sangatlah penting. Mengapa demikian? Hal ini karena metode tersebut memberikan kemudahan dalam menafsirkannya untuk menghasilkan prediksi tertentu.

Penerapannya pun sudah terlihat dalam teknik statistik pada komputasi hingga perangkat lunak. Dengan adanya metode ini, bisa menguntungkan pebisnis dalam konversi data mentah.

Lebih dari itu, pemanfaatannya juga terlihat di berbagai bidang. Mulai dari lingkungan, sosial, biologi, hingga ilmu perilaku.

Kini Anda sudah mengenal secara lebih dekat apa itu metode regresi linear. Bukan hanya pengertiannya saja, namun juga teknik-teknik sampai dengan pentingnya metode tersebut. Ketika mempelajari statistika, pastikan Anda tidak melewatkan metode yang satu ini karena terbukti menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *