Kategori
Jasa Olah Data Jasa Skripsi Tesis Disertasi

MATLAB vs Python, Harus Pilih yang Mana?

Bagi para programmer, disodori pilihan antara MATLAB vs Python pasti sudah tak asing lagi. Tak jarang, pada beberapa kasus bahkan ada yang sengaja mengubah dari MATLAB ke Python karena alasan tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini:

Mengenali MATLAB dan Python

MATLAB merupakan sebuah program komputer untuk berbagai kaidah matematis. Tak hanya itu saja, MATLAB pun juga sebuah bahasa pemrograman yang banyak digunakan. Secara konsep, MATLAB merupakan sebuah paket lengkap. Alasannya, karena program ini tak hanya menawarkan fungsi-fungsi pemrograman, melainkan juga fungsi matriks algebra, algoritma, serta pemrosesan data dan plotting.

Berbeda dengan MATLAB, Python merupakan sebuah bahasa pemrograman. Sering juga dikenal sebagai C atau CPython. Selain sebagai sebuah bahasa pemrograman, Python juga berfungsi sebagai interpreter serta memiliki standard library yang kompleks. Fungsi dari library ini adalah untuk proses pemrograman secara umum seperti modul untuk hal-hal spesifik, threading, networking, maupun database.

Kekurangan MATLAB dan Python

Seperti hal lainnya, MATLAB dan Python sama-sama memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari MATLAB dan Python yang bisa dijadikan pertimbangan:

1. Kekurangan MATLAB

Fungsi algoritma pada MATLAB tidak bisa dilihat secara pasti dan hanya bermodalkan rasa percaya saja. Selain itu, MathWorks memberikan batasan pada portability pada kode yang dikembangkan di MATLAB.

Memang, kode tersebut bisa dijalankan di komputer lain dengan menggunakan MATLAB Component Runtime (MCR), tetapi aplikasi portabel tersebut harus memiliki kesesuaian dengan versi MCR yang diinstal.

Belum lagi, sebagai sebuah program matriks, penggunaan tanda titik koma yang akan menyulitkan programmer ketika harus menuliskannya di script. Ditambah lagi, MATLAB merupakan sebuah program berbayar, sehingga untuk bisa menggunakan program ini secara full, membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

2. Kekurangan Python

Untuk menggunakan scientific computing pada Python, programmer membutuhkan bantuan pihak ketiga, seperti: Numpy, Spicy, atau Matplotlib. Selain itu, dibutuhkan pula IDE yang tidak Python miliki.

Kebanyakan programmer Python yang menggunakan Linux memilih vi dan Emacs sebagai Python shell dan editor. Sementara programmer yang mengawali dari MATLAB memilih menggunakan paket IDE yang disediakan oleh MATLAB.

Ditambah lagi, menggunakan Python membutuhkan kemampuan programming tingkat tinggi. Oleh karena itu, biasanya Python dihindari oleh para programmer pemula karena dianggap terlalu rumit.

Keunggulan MATLAB dan Python

Selain kekurangannya, baik MATLAB dan Python memiliki keunggulan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, simak keunggulan dari MATLAB dan Python:

1. Keunggulan MATLAB

Seperti yang telah dibahas di atas, MATLAB memiliki paket fungsi yang lengkap untuk memulai sebuah program. Bagi programmer pemula, MATLAB bisa menjadi pilihan yang tepat karena one stop program.

Program ini juga sudah umum digunakan di banyak universitas serta perusahaan-perusahaan yang sanggup membayar lisensi. Belum lagi, Simulink yang dimiliki MATLAB belum ada yang bisa menggantikannya.

2. Keunggulan Python

Jika MATLAB adalah program berbayar, maka Python merupakan bahasa pemrograman yang gratis digunakan. Para programmer yang telah menggunakan Python pun jatuh cinta karena menganggap bahasa pemrograman yang satu ini sangat kuat. Tak hanya itu saja, Python pun dirasa menjadi jawaban dari kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh MATLAB.

Perdebatan antara MATLAB vs Python memang tak pernah usai. Meski MATLAB dianggap lebih ramah bagi pemula dan Python memiliki bahasa pemrograman yang indah, keduanya tetap tampak sama-sama rumit. Untuk itu, bagi yang membutuhkan pengolahan data dengan MATLAB dan Python, bisa langsung menghubungi Patra Statistika sebagai solusi yang terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.