Kategori
Jasa Olah Data Konsultasi Susun Skripsi

Sekilas tentang Kegunaan MATLAB yang Wajib Diketahui

Generasi milenial pasti lebih mengenal tentang MATLAB. Program ini mulai banyak digunakan karena dianggap lebih mudah dengan memakai pengandaian matematika, khususnya dengan matriks dan formulasi vektor. Lalu, apa sebenarnya kegunaan MATLAB itu sendiri?

Tentang MATLAB

Sebelum membahas mengenai kegunaan MATLAB, ada baiknya mengulas terlebih dahulu mengenai pengertiannya. MATLAB merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh MathWorks. Program ini mengintegrasikan antara komputasi numerik, visualisasi, serta pemrograman untuk mengekspresikan masalah serta pemecahannya dalam notasi matematik.

Nama MATLAB merupakan kependekan dari matrix laboratory. Awalnya, program ini dibuat guna memudahkan penggunaan software matriks yang dikembangkan oleh LINPACK dan EISPACK untuk komputasi matriks.

Seiring berjalannya waktu, MATLAB terus mengalami perkembangan dengan masukan dari berbagai pihak. Hingga kemudian program ini dikembangkan untuk menunjang penelitian di tingkat universitas, khususnya yang terkait dengan bidang matematika, teknik, serta science.

Kegunaan MATLAB

Dalam pengaplikasiannya, MATLAB kemudian memiliki banyak kegunaan yang menjadikan program ini banyak dijadikan sebagai rujukan. Beberapa kegunaan dari MATLAB yang banyak dimanfaatkan dalam penelitian antara lain:

1. Komputasi Matematik

Ini merupakan fungsi utama dari MATLAB yang banyak dimanfaatkan oleh para peneliti. Alasannya karena menggunakan MATLAB dianggap bisa banyak menyelesaikan teori-teori pemecahan masalah secara matematis dan bisa mudah dipahami.

2. Pengembangan Algoritma

Algoritma banyak digunakan dalam pemrograman guna menyusun langkah demi langkah penyelesaian. Dalam praktiknya, algoritma menggunakan algebra dalam penentuan setiap langkah yang diambil. Dengan MATLAB, baik algebra maupun algoritma bisa dikerjakan.

3. Modeling, Simulasi, dan Pembuatan Prototype

Pembuatan model, simulasi, serta prototype untuk sebuah penelitian menjadi langkah penting guna mengurangi resiko kegagalan. Meskipun tidak selalu menghasilkan solusi yang diharapkan, namun MATLAB bisa menghadirkan beberapa opsi berbeda yang bisa dijadikan rujukan.

4. Analisis, Eksplorasi, dan Visualisasi Data

Dalam sebuah penelitian, peneliti pasti memiliki hipotesa awal yang menjadi dasar dari dilakukannya penelitian. Setelah tahapan pengumpulan data, MATLAB digunakan untuk menganalisis, mengeksplorasi, serta visualisasi data untuk menunjukkan apakah hipotesa peneliti di awal bisa dibenarkan atau tidak.

5. Image Processing

Menggunakan MATLAB bisa membantu image processing. Hal ini karena MATLAB merupakan program unggulan dalam memproses matriks. Seperti yang diketahui, image processing membutuhkan proses matematis untuk memanipulasi matriks, seperti misalnya menambahkan dua matriks secara bersamaan.

6. Pengembangan Aplikasi dan Pembuatan UI Graphic

Kegunaan dari MATLAB yang tak kalah populer adalah pengembangan aplikasi dan pembuatan IU graphic. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa bahasa pemrograman menggunakan kaidah matematika tingkat tinggi. Oleh karenanya, dibutuhkan alat untuk bisa menerjemahkan algoritma ke dalam bahasa pemrograman seperti C++, Java, dan lainnya.

Melihat kegunaan MATLAB yang kompleks, tak mengherankan program yang satu ini banyak digunakan. Hanya saja, prosesnya memang terkesan rumit oleh sebagian besar orang. Akan tetapi, tak perlu khawatir akan salah mengoperasikan MATLAB, karena bisa menggunakan jasa olah data yang ditawarkan oleh Patra Statistika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.