Kategori
Jasa Olah Data

Sekilas Tentang Google Earth ArcGIS Extension yang Perlu Kamu Tahu

Jika membahas tentang citra satelit, maka yang akan disebutkan pertama kali adalah Google Earth. Gambar citra dari Google ini memang yang paling banyak diakses. Oleh karena itu, sering muncul pertanyaan mengenai Google Earth ArcGIS Extension.

Adakah Ekstensi Google Earth ArcGIS?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak. ArcGIS sudah tidak menyediakan ekstensi untuk Google Earth secara langsung pada programnya. Meski demikian, data imagery dari Google Earth masih bisa diproses dengan menggunakan ArcGIS.

Bahkan ArcGIS merupakan program yang paling sesuai untuk memproses semua data imagery GIS. Tak hanya data 2D saya, data 3D pun juga bisa diproses dengan mudah melalui ArcGIS. Oleh karena itu, Esri terus mengembangkan ArcGIS untuk bisa terus mendukung fungsi ini.

Di samping itu, Esri terus bekerja sama dengan Google untuk menciptakan pengalaman GIS yang paling optimal kepada komunitas pengguna GIS. Untuk itu, Esri mengembangkan ArcGIS Enterprise versi 10.5 sebagai program relasi bagi para pengguna Google Earth Enterprise dan Google Maps Engine.

ArcGIS ft. Google

Bukan hanya ArcGIS Enterprise saja yang compatible dengan produk Google Earth, namun platform ArcGIS lainnya pun demikian. Untuk lebih jelasnya, simak daftar produk ArcGIS apa saja yang bisa digunakan sebagai partner untuk Google dan versinya:

  • Para pengguna Google Earth Enterprise Client dan Google Earth Pro bisa menggunakan ArcGIS Earth atau ArcGIS Pro (ArcGIS versi desktop).
  • ArcGIS Enterprise bisa digunakan sebagai solusi untuk Google Earth Enterprise Fusion Server dan Google Earth Enterprise Earth Server.
  • ArcGIS dan ArcGIS Pro (ArcGIS Desktop) dengan database peta offline bisa digunakan untuk Google Earth Enterprise Portable Server.
  • Untuk Google Earth API dengan plugin, bisa memanfaatkan ArcGIS Enterprise yang sudah termasuk dengan 3D Web Scenes.
  • ArcGIS Online atau ArcGIS Enterprise yang bisa dijalankan berkat sistem penyimpanan berbasis cloud bisa digunakan sebagai solusi untuk Google Maps Engine.
  • Terakhir, untuk Google Maps Engine API compatible untuk digunakan pada ArcGIS API for JavaScript.

Pengumpulan data dan informasi dari citra satelit memang sangat diperlukan dalam proses pemetaan. Itulah mengapa, banyak yang mencari tahu tentang Google Earth ArcGIS Extension. Dengan begitu, akan dengan mudah memasukkan data dari proyeksi citra Google Earth pada lembar kerja ArcGIS yang tengah dikerjakan.

Meskipun demikian, ArcGIS sendiri tidak memiliki bentuk ekstensi khusus untuk untuk Google Earth. Justru, ArcGIS bekerja sama dengan Google Earth agar sama-sama bisa meningkatkan pengalaman para pengguna dalam pengolahan data GIS.

Melihat rumitnya proses untuk memasukkan data imagery Google Earth ke ArcGIS, ada baiknya untuk mempercayakan proses tersebut pada Patra Statistika. Perusahaan ini mampu mengolah data spasial dan membuat peta dengan menggunakan ArcGIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.