Kategori
Jasa Olah Data

Cara Uji Kecukupan Data Dengan Minitab yang Sederhana

Uji kecukupan data merupakan salah satu bagian dari operasi statistik yang perlu dilakukan dalam penelitian. Kelengkapan berbagai uji yang dilakukan dimaksudkan untuk memastikan akurasi penelitian. Uji bisa dilakukan secara manual maupun dengan aplikasi seperti Minitab. Lalu, bagaimana cara uji kecukupan data dengan Minitab? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Uji Kecukupan Data?

Uji kecukupan data adalah suatu pengukuran yang berguna untuk memastikan secara obyektif bahwa data yang dikumpulkan telah cukup. Apabila ditemukan bahwa data belum mencukupi, maka perlu ditambah sesuai dengan jumlah kekurangannya. Jumlah penambahan ini bisa diketahui secara manual menggunakan suatu rumus.

Dalam penelitian, idealnya data yang dikumpulkan haruslah cukup agar kesimpulan yang diambil dapat diterima secara logis. Dengan uji kecukupan data, berapa jumlah yang dikatakan “cukup” tersebut bisa diketahui dan disesuaikan dengan kebutuhan. Setiap penelitian memiliki nilai kecukupannya sendiri-sendiri sehingga tidak bisa mengambil patokan pada penelitian lain.

Untuk mencari berapa data yang seharusnya dikumpulkan (N’), perlu dilakukan penghitungan yang melibatkan jumlah pengamatan (N) dan data tiap individu. Selain itu, perlu juga ditentukan tingkat keyakinan dan tingkat ketelitian. 

Tingkat keyakinan adalah seberapa besar keyakinan terhadap pembacaan alat ukur yang digunakan dalam penelitian. Sementara tingkat ketelitian adalah besarnya penyimpangan maksimum dari hasil yang sebenarnya. Tanda data telah mencukupi adalah ketika jumlah N'<N. Jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka data perlu ditambah dan diuji kembali.

Tidak hanya dengan cara manual, uji kecukupan data juga bisa dilakukan dengan aplikasi statistik. Misalnya Minitab, Excel, serta SPSS. Penggunaan aplikasi bisa menyesuaikan kebiasaan peneliti sendiri.

Cara Uji Kecukupan Data dengan Minitab

Dari berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan uji kecukupan data, Minitab adalah salah satunya. Uji dengan aplikasi ini bisa dilakukan secara ringkas jika sudah diketahui standar deviasinya. Selain itu, tentukan juga margin error yang ingin diperoleh. Di bawah ini adalah cara melakukan uji kecukupan data menggunakan Minitab.

  • Pilih menu Stat, lalu klik Power and Sample Size. Selanjutnya klik Sample Size for Estimation.
  • Pada Parameter, pilih Mean (Normal).
  • Di bawah Planning Value, masukkan standar deviasi sebesar yang telah diketahui.
  • Masukkan besaran margins of error pada kolom Margin of error for confidence interval.
  • Terakhir, klik OK.

Penggunaan Minitab dalam melakukan uji kecukupan data merupakan cara yang praktis dan mudah. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana layaknya Microsoft Excel, namun kemampuan operasi statistiknya bisa dikatakan kompleks. Meskipun begitu, kemungkinan masih ada yang kurang memahami caranya sebab tidak terbiasa.

Untuk itulah Patra Statistika hadir untuk memberikan solusi atas kesulitan dalam menghadapi urusan statistik. Tanpa perlu memahami secara mendalam cara uji kecukupan data dengan Minitab, semua bisa terselesaikan dengan menyerahkannya kepada Patra Statistika. Penelitian pun akan semakin mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.