Kategori
Jasa Olah Data Konsultasi Susun Skripsi

Ini Dia Langkah-Langkah Mudah Uji Homogenitas dengan Minitab:

Minitab adalah salah satu aplikasi yang sangat membantu dalam perhitungan statistika atau kegiatan lainnya. Software ini berhasil membawa ruang lingkup statistika bisa menjadi lebih mudah dengan uji-uji yang sudah terprogram di dalamnya. Salah satu jenis uji yang paling sering dilakukan adalah uji homogenitas dengan minitab. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah Menentukan variable

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam pengujian homogenitas menggunakan minitab adalah dengan penentuan variabel. Sebelum itu pastikan terlebih dahulu untuk menginstall aplikasi Minitab itu sendiri di perangkat yang akan digunakan. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan satu-persatu dalam penentuan variabel:

  • Seperti biasa, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi Minitab pada perangkat yang sudah terinstall sebelumnya.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan mengisi cell dari C1 sampai dengan C40 dan juga ke dua yaitu C2 sampai C40.
  • Ketika sudah selesai, langkah selanjutnya yaitu memilih menu klik Stat, Basic Statistics dan pilih 2 Variances saja.
  • Lanjutkan dengan mencentang kolom Samples in different columns.
  • Terakhir yang perlu dilakukan adalah mengklik menu Storage kemudian centang semua kolom yang ada di dalamnya dan klik OK.

Langkah Menetapkan Storage

Setelah selesai dengan penentuan variabel, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menetapkan Storage. Langkah kedua ini sangatlah mudah karena hanya memerlukan satu langkah saja. Cukup tekan sekali lagi tombol OK dalam dialog box yang muncul di aplikasi Minitab. Lalu cukup perhatikan atau lihat saja output yang dihasilkan.

Langkah Membaca Output Uji Homogenitas dengan Minitab

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan pembacaan output dari uji yang telah dilakukan sebelumnya. Meskipun terdengar sangat simple tetapi pada dasarnya langkah inilah yang akan menentukan keberhasilan uji homogenitas nantinya. Kesalahan kecil di sini bisa mempengaruhi keseluruhan uji yang telah dilakukan. Ini dia beberapa interpretasi yang bisa diterapkan:

1. Nilai P Value F Test

Hasil pertama yang paling penting untuk diperhatikan adalah nilai P Value dari F test. Ketika hasil menunjukkan nilai yang lebih dari 0,05 maka dapat dikatakan kelompok data yang diuji homogen. Homogen di sini yaitu dalam artian memiliki varians yang sama berdasarkan rumus Fisher F.

2. Nilai P Value Levene Test

Interpretasi kedua adalah berkaitan dengan nilai P value dari Levene Test yang secara otomatis dilakukan oleh aplikasi. Ketika nilai akhir menunjukkan nilai lebih dari 0,05 maka varians data adalah sama atau homogen berdasar rumus Levene ini.

3. Besarnya Standar Deviasi dan Varians

Nilai terakhir yang perlu diperhatikan adalah hasil dari standar deviasi dan juga nilai varians dari kedua variabel yang diujikan. Ketika nilai dari keduanya menunjukkan selisih yang tidak jauh beda bahkan bisa dikatakan sama, maka data adalah homogen.

Itu dia keseluruhan tutorial dalam melakukan uji homogenitas dengan Minitab yang memang sangat mudah. Jika masih kebingungan cukup hubungi Patra Statistika, solusi untuk semua permasalahan statistika yang dihadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.