Kategori
Jasa Olah Data

3 Cara Regresi Data Panel dengan EViews

Data yang akurat adalah syarat mutlak dari sebuah penelitian sebab menggambarkan kondisi sebenarnya di lapangan. Salah satu model data adalah data panel, yakni gabungan dari data time series dan cross section. Ada kalanya seseorang harus melakukan regresi data panel dengan EViews agar dapat membaca kondisi waktu dan antarindividu secara bersamaan.

Mungkin ada yang belum familiar tentang regresi data panel dengan EViews. Ini adalah sebuah pengujian terhadap data individu dalam satu kurun waktu tertentu. Dengan menggunakan EViews, seseorang bisa mengerjakan data-data panel yang kompleks. Di bawah ini adalah tiga metode pada EViews untuk mengerjakan regresi data panel:

1. Analisis Common Effect

Pendekatan ini adalah cara yang paling sederhana karena hanya mengkombinasikan data time series dengan data cross section. Tanpa memperhatikan dimensi waktu dan individu, seluruh data diasumsikan sama dalam berbagai kurun waktu tertentu.

Saat membuka lembar kerja EViews, klik tombol “Quick” kemudian pilih “Estimate Equation”. Tentukan tiga variabel bebas pada penelitian yang sedang dikerjakan dan tandai dengan “X”, kemudian tanda “Y” untuk satu variabel pengikat. Lalu pilih “LS and AR” pada bagian “Method” dan masukkan rentang waktu yang ingin dilihat datanya.

2. Analisis Fixed Effect

Jika menggunakan pendekatan fixed effect, maka dibutuhkan variabel dummy untuk menangkap perbedaan intersep. Sebab hasil dari regresi data panel dengan analisis fixed effect adalah asumsi perbedaan kondisi individu berdasarkan intersepnya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan intersep ini tergantung pada hal-hal yang berhubungan dengan objek penelitian.

Cara melakukannya sama seperti di atas. Saat jendela “Estimate Equation” muncul, pilih “Panel Options”. Ubah kotak “Cross Section” menjadi “Fixed” karena akan melakukan fixed effect. Setelah itu klik “OK” dan akan muncul hasil sesuai harapan.

3. Analisis Random Effect Model (RE)

Model ini lebih cocok untuk menganalisis data dengan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi. Sebab kemungkinan ada gangguan yang berhubungan antarwaktu dan antarindividu. Berbeda dengan pendekatan-pendekatan analisis sebelumnya, error bisa saja ditemukan di setiap variabel. Sehingga dengan menggunakan metode analisis ini heteroskedastisitas (ketidaksamaan varian yang error dari variabel bebas) bisa dihilangkan.

Namun proses metode ini cukup panjang dan membutuhkan pemahaman lebih. Jika ingin mendapatkan hasil data yang komprehensif, bisa menghubungi Patra Statistika. Kami akan membantu siapa pun yang sedang mengolah data menggunakan berbagai macam aplikasi pengolahan data, termasuk untuk regresi data panel dengan EViews.

Patra Statistika juga memberikan pelayanan konsultasi mulai dari awal penelitian, pengolahan data, hingga seluruh data selesai dianalisis dan disajikan dalam bentuk yang mudah dipahami. Selain konsultasi pengolahan data untuk penelitian, kami pun melayani jasa pembuatan peta digital dan penerjemahan bahasa untuk abstrak penelitian. Jika ada kebutuhan lainnya, bisa langsung menghubungi admin melalui kontak yang ada di sini.

Kontak Kami

Whatshapp WA  0897 656 7867

Instagram IG  @patrastatistika

Facebook FB @patrastatistika

Tumblr TB @patrastatistika

Website https://patrastatistika.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.