Kategori
Jasa Buat Peta Peta Digital Arcgis Arcview

Mengetahui Apa Itu Pemetaan Geografi, Jenis, dan Manfaatnya di Sini:

Peta adalah salah satu elemen yang sangat penting di dalam ilmu geografi atau kebumian. Tercatat, benda ini telah dibuat manusia pada zaman Babilonia dalam bentuk sangat sederhana berupa tablet dari bahan dasar tanah liat. Pemetaan geografi ini kemudian mengalami perkembangan ke dalam kertas, dalam bentuk globe, hingga sekarang sudah berbasis elektronik.

Kartografi sebagai Prinsip Dasar Pemetaan

Ilmu pemetaan sama dengan ilmu kartografi yang biasa diartikan sebagai sebuah ilmu dalam hal menggambar permukaan bumi dan kenampakannya. Pada awalnya pemetaan hanya digunakan secara sederhana yakni untuk menggambarkan wilayah teritori, perburuan, serta tempat mencari ikan.

Terdapat asosiasi internasional tentang kartografi yakni International Cartographic Association yang didirikan tanggal 9 Juni 1969 lalu. Meskipun kartografi sendiri sudah ada sejak pertama kali peta diciptakan, sampai saat ini masih digunakan sebagai pengetahuan dasar dalam mempelajari pemetaan.

Beberapa Kategori Peta

Peta sendiri memiliki berbagai kategori berbeda yang mengelompokkan peta berdasarkan beberapa hal. Ini dilakukan agar bisa dengan mudah mengklasifikasikan peta mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan jenisnya. Ini dia beberapa kategori peta:

1. Berdasarkan Skala Peta

Peta dibuat dalam skala yang berbeda dengan detail yang berbeda pula. Biasanya semakin detail skala peta maka komponen yang ada di dalamnya juga akan semakin detail dengan akurasi yang lebih baik. Gambaran objek di dalamnya pun akan tampak lebih mirip dengan aslinya daripada peta dengan skala yang kurang detail.

2. Berdasarkan Isinya

Seringkali isi dalam masing-masing peta berbeda-beda serta dapat dibedakan ke dalam peta dasar dan peta genetik. Peta dasar biasa digunakan untuk penggambaran suatu wilayah secara umum serta menggambar feature seperti sungai dan jalan. Sedangkan pada peta tematik ada aspek tertentu yang ditonjolkan sesuai dengan tujuannya seperti misal peta jenis tanah.

Penggunaan dan Pemanfaatan Peta Geografi

Ada banyak sekali sebenarnya manfaat peta tetapi secara umum dapat dibagi menjadi dua yakni sebagai sumber informasi dan sebagai basis analisis. Yang pertama, penggunaan peta sebagai sumber informasi saja terkait dengan lokasi, jarak, ataupun area di dalamnya. Misalnya pada penggunaan peta jalan menuju Jakarta dimana hanya memperhatikan rute saja.

Kedua yakni peta sebagai basis analisis dimana peta digunakan sebagai komponen perhitungan, prediksi, dan manipulasi sehingga fungsinya lebih luas lagi. Misalnya pada peta di aplikasi ojek online yang bisa secara otomatis mengkalkulasikan harga sesuai dengan jarak yang ditempuh. Contoh lain adalah pada peta Cropwat yang kemudian otomatis menentukan tanaman budidaya.

Pemetaan geografi sudah berubah menjadi sebuah instrumen penting dalam kehidupan manusia yang saat ini memang sangat banyak dibutuhkan. Dalam perkembangannya, Sistem Informasi Geografis (SIG) sudah berbasis aplikasi yang canggih. Patra Statistika adalah solusi untuk membantu dalam berbagai hal terkait aplikasi dengan basis SIG ini! Jasa Buat Peta, Peta Digital GIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.