Kategori
Jasa Olah Data Jasa Skripsi Tesis Disertasi

Mengenal Metode VAR Vector Autoregressive

Apa itu Metode VAR Vector Autoregressive ?

VAR atau vector autoregressive merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memproyeksikan sistem dengan variabel waktu agar bisa menganalisis dampak dinamis. Dampak tersebut merupakan faktor gangguan yang terdapat dalam sistem variabel tersebut.

Jenis analisis ini dapat dikatakan sama dengan model persamaan simultan karena dapat mempertimbangkan beberapa variabel endogen secara bersama-sama dalam salah satu model. dalam analisis ini masing-masing variabel selain diterangkan oleh nilainya di masa lalu juga dipengaruhi nilai masa lalu dari setiap variabel endogen pada model yang diamati.

Metode ini tidak memiliki variabel eksogen di dalam model yang digunakan. Misal yang dapat digunakan dalam metode ini yaitu korelasi antara pendapatan nasional dengan investasi pemerintah yang merupakan studi kasus yang dapat diperoleh dengan sistem dua variabel sederhana.

Keunggulan Metode VAR

keunggulannya dapat menentukan analisa terhadap model tertentu karena memang memiliki beberapa kelebihan. Pertama, metode ini bersifat sangat sederhana sehingga cukup mudah untuk diimplementasikan. Anda tidak perlu khawatir untuk membedakan variabel yang tergolong ke dalam endogen ataupun ke dalam variabel eksogen.

Selain itu, metode VAR Vector Autoregressive ini juga sangat mudah untuk dapat mempelajari timbal balik atau interrelationship. hal ini bisa terjadi pada variabel-variabel ekonomi ataupun dalam proses pembentukan model ekonomi yang bersifat berstruktur. Kelebihan seperti ini bisa Anda dapatkan jika menerapkan metode tersebut dalam proses analisis.

Manfaat Metode VAR

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan atau menerapkan metode tersebut. Dan sangat membantu untuk membuat proses analisis dengan estimasi menjadi lebih sederhana dan lebih mudah untuk membuat analisis lebih terukur dan tidak terlalu rumit.

Selain itu, untuk menentukan hasil analisa yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode lain yang memiliki sistem yang cukup rumit. Proses yang dilakukan bisa lebih mudah namun hasilnya bisa lebih seimbang.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai metode VAR Vector Autoregressive yang dapat Anda gunakan dalam proses analisis dengan hasil yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.