Kategori
Jasa Pemetaan Geografi Peta Digital Arcgis Arcview

Fitur Menarik Aplikasi QGIS dan Detailnya

Fitur Menarik Aplikasi QGIS dan Detailnya – Menghitung data tentu bisa dilakukan dengan lebih mudah jika menggunakan aplikasi penunjang, salah satunya adalah aplikasi SIG. Aplikasi model SIG banyak jenisnya, namun ada satu aplikasi yang direkomendasikan untuk Anda, terutama jika Anda bekerja di bidang profesinoal.

Aplikasi tersebut adalah QGIS, aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik yang akan membuat perhitungan data bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien, diantaranya adalah:

  1. Melihat Data Penelitian

Jika Anda ingin melihat data penelitian secara menyeluruh, Anda bisa menggunakan fitur lihat data. Fitur ini memberikan beberapa pilihan sub menu untuk pengguna, diantaranya adalah:

  • Format raster dan citra, kedua format ini akan memudahkan Anda untuk mengembangkan basis data yang baik, khususnya untuk berbagai jenis data dari eksistensi yang berbeda.
  • Tersedia fitur untuk vector tiles dan mesh data, sehingga pengelolaan data lebih ringkas.
  • Anda bisa menggunakan spreadsheet untuk memudahkan proses cek dan review data.
  • Menyusun Peta dan Menjelajah Data

Selain mampu melihat data secara menyeluruh QGIS juga memiliki fitur untuk menjelajahi berbagai data dengan mudah. Peta interaktif bisa dibuat dengan mudah oleh pengguna, apalagi untuk mereka yang sering melakukan eksplorasi dengan GUI. Beberapa alat yang digunakan di dalam fitur ini adalah:

  • QGIS power dan pengelolaan DB.
  • Terdapat menu bookmarks yang bisa Anda gunakan, sehingga pengelolaan spasial bisa dilakukan.
  • Terdapat menu untuk melakukan sunting atau pencarian atribut dengan mudah.

Data data bisa disusun dengan cara labeling, sehingga lebih mudah diorganisir

  • Mengelola dan Mengekspor Data

Jika sudah memiliki aplikasi ini, Anda bisa lebih mudah jika hendak mengelola dan melakukan ekspor pada data, diantara fitur penunjang yang juga bisa Anda gunakan adalah:

  • Fitur vector digitizing tools, serta dukungan untuk melakukan visualisasi dan mengedit berbagai data.
  • Peningkatan dan pengelolaan tabel basis data spesial dalam aplikasi QGIS.
  • Opsi menyimpan cuplikan layar, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk georeferensi untuk digunakan nanti.
  • Peralatan pelengkap untuk mengelola tabel atribut vector.

Masih banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengelola data di aplikasi ini, misalnya kemudahan dalam mengelola data. Anda bisamelakukan analisis dengan OGR yang sudah mendukung berbagai format, sample dan manajemen database. Anda juga bisa melakukan analisis data menggunakan GDAL, SAGA ataupun GRASS.

Setelah semua proses analisis selesai Anda lakukan, Anda bisa langsung menerbitkan berbagai peta, hasil penelitian ataupun analisis langsung di internet. Beberapa data yang bisa Anda langsung masukkan ada WMS, WFS dan WCS. Demikianlah penjelasan ringkas mengenai aplikasi QGIS, ketika menggunakan aplikasi ini Anda tetap harus mengetahui berbagai data dan rumus, tergantung dengan jenis penelitian yang Anda lakukan. Dengan begitu, data yang Anda hitung dan kelola minim dari kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.