Kategori
Jasa Olah Data

Cara Mengolah Data Kuesioner Skala Likert dengan SPSS yang Akan Mempermudah Pekerjaan

Salah satu teknik untuk mengumpulkan data agar kemudian bisa melakukan sebuah analisis terhadapnya adalah dengan kuesioner. Salah satu aplikasi pengolah data kuesioner yang biasa digunakan oleh mahasiswa adalah SPSS. Mungkin di luar sana masih belum banyak yang tau seperti apa cara mengolah data kuesioner skala likert dengan SPSS. Yuk cari tahu di sini!

1. Langkah Setting Variable

Langka pertama yang perlu dilakukan untuk mengolah data dari kuesioner adalah menginput semua data yang ada di dalamnya. Beberapa data yang perlu diinput mulai dari identitas responden hingga variabel lainnya.

Baris awal lebih baik jika digunakan untuk menggolongkan identitas responden yang disetting dengan data tipe string untuk pemetaan frekuensi. Sedangkan baris berikutnya bisa diisi dengan jawaban responden yang disimbolkan dengan Q.

2. Langkah Input Data

Setelah variable telah disetting dengan benar, langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah memasukkan data dengan Data View. Data yang digunakan adalah data yang sudah diperoleh dari hasil kuesioner yang dibagikan.

Semua data pada berbagai jawaban responden biasanya sudah dipindahkan ke dalam variable angka agar bisa diproses. Misalnya pada jawaban tidak setuju, bisa disimbolkan dengan angka satu begitu seterusnya. Semua angka dan huruf yang ada pada tabel data ini perlu dimasukkan dengan manual dalam artian diketik sendiri.

3. Langkah Pemetaan Responden

Ketika semua data sudah diinput ke dalam tabel, maka langkah selanjutnya adalah melakukan analisis terhadap data tersebut. Analisa pertama yang dilakukan adalah dengan memetakan responden berdasarkan setiap karakteristik yang ada. Caranya adalah dengan mengklik Menu Utama Analyze lalu pilih Descriptive Statistics lalu Frequencies.

Setelah itu akan muncul jendela Frequencies, klik tanda panah di samping kotak lalu  akan muncul kotak dialog yang berisi variabel pertanyaan. Tinggal klik OK saja tidak perlu melakukan editing terhadap formatnya karena lebih baik menggunakan setting bawaan saja.

4. Langkah Meng-compute Variable

Pemetaan jawaban responden sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya yaitu uji kualitas data. Tetapi sebelum melakukan uji kualitas, perlu dilakukan penjumlahan dulu terhadap konstruk dari setiap variabel yang ada. Langkahnya adalah dengan memilih Transform pada Menu Utama kemudian pilih Compute Variable.

Akan muncul kotak dialog lalu pada target variable ketik saja X1 dan pilih Type & Label dan masukkan variabel yang diinginkan dan klik Continue. Kembali ke dialog Compute Variable kemudian jumlahkan Q1 sampai dengan Q6 dalam kotak Numeric Xpression. Setelah selesai, cukup klik tanda panah di samping, klik tanda “+” lalu pilih OK.

Nah setelah semua langkah tersebut selesai, kemudian hanya perlu melakukan pengolahan sesuai dengan yang diinginkan. Jadi cukup sekian tutorial bagaimana cara mengolah data kuesioner skala likert dengan SPSS yang bisa diberikan. Kalau bingung, bisa menghubungi Patra Statistika dan lakukan konsultasi banyak hal terkait data di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.