Kategori
Jasa Olah Data

Apa Itu ArcGIS? Kenali Lewat 5 Poin Ini:

Di masa sekarang ini, pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem informasi geografis. Dalam Bahasa Inggris-nya, istilah itu disebut sebagai geographic information system atau disingkat GIS. Benar, ArcGIS masih memiliki kaitan erat dengan GIS. Tapi sebenarnya, apa itu ArcGIS? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut:

1. Tenang ArcGIS

ArcGIS merupakan program yang bisa digunakan untuk mengolah data dan informasi geografis. Hasil keluaran olahannya biasanya berbentuk visualisasi peta dan kerap kali digunakan dalam bidang yang berhubungan dengan spasial.

Jadi, tak ada batasan apakah ArcGIS digunakan oleh orang yang menekuni bidang sains atau sosial. Selama masih membutuhkan analisis spasial, maka ArcGIS akan digunakan. Penggunanya pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, akademis, peneliti, perusahaan, organisasi, hingga pemerintahan.

2. Cara Kerja ArcGIS

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan GIS, seringkali berwujud peta. Demikian halnya dengan ArcGIS. Program ini menggabungkan layer-layer informasi untuk menghasilkan keluaran output peta yang diinginkan.

Pada dasarnya, ada 4 jenis penandaan dalam ArcGIS, yaitu: points (titik), lines (garis), polygon (ruang), dan raster. Titik biasanya menunjukkan tanda landmark, contoh penandaan garis adalah jalan, dan polygon menunjukkan ruang yang memiliki volume. Untuk gambar raster sendiri contohnya seperti gambar citra satelit berbasis vektor.

3. Grafis dan Data yang Komplek

Sebagai sebuah program pemetaan, ArcGIS memiliki grafis dan format pendataan yang kompleks. Visualisasi peta dalam ArcGIS dihasilkan dengan memproses banyak input informasi dan menggabungkannya ke dalam satu gambar peta. Sementara itu, data pendukungnya juga dikumpulkan dari berbagai sumber dengan bermacam format yang berbeda.

4. Penggunanya

Seperti yang sudah disinggung, pengguna ArcGIS berasal dari berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan, ArcGIS merupakan program pemetaan yang paling dipercaya untuk urusan analisis spasial. Belum lagi, komunitas pengguna ArcGIS tersebar luas dan bisa saling berhubungan dan saling sharing data.

Ditambah lagi, ArcGIS memiliki tingkat resolusi gambar yang tinggi. Ini menjadikan orang semakin menyenangi untuk menggunakan program ini, karena segala atribut peta dapat terlihat dengan jelas, meski berukuran kecil.

5. Jenis Software

Satu kelebihan lain yang dimiliki oleh ArcGIS, yakni: program ini dibuat dalam beragam format untuk bisa mendukung semua kebutuhan akan GIS. Program standar untuk ArcGIS sendiri merupakan versi format untuk desktop.

Yang menyamai peranan versi desktop merupakan versi web (ArcGIS Online dan ArcGIS Enterprise). Selain itu, ada pula berbagai pilihan aplikasi ArcGIS yang bisa didownload di perangkat mobile sesuai dengan kepentingan yang dibutuhkan. Ditambah lagi, semua jenis software ArcGIS ini bisa saling diintegrasikan oleh pengguna.

Melihat kompleksnya apa itu ArcGIS, wajar jika banyak yang ragu untuk menggunakannya. Namun jangan khawatir, karena ada Patra Statistika yang bisa membantu proses pembuatan peta dan pengolahan data spasial dengan ArcGIS. Tinggal hubungi Patra Statistika, dan masalah pemetaan akan terselesaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.